Jumat, 30 Juli 2010

Kontaminasi Bahasa

Bahasa merupakan alat komunikasi antara manusia yang satu dengan yang lain untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan. Dalam penggunaan bahasa sehari-hari, kontaminasi atau yang sering dikenal dengan pencampuradukan bahasa sering terjadi baik secara lisan maupun tulisan. Adanya pencampuradukan bahasa tersebut membuat bahasa yang kita gunakan menjadi rancu.
Sebagai contohnya yaitu pemakaian kata dan lain sebagainya.
1) Untuk membuat kue diperlukan tepung, gula, telur, dan lain sebagainya.
Pemakaian kata dan lain sebagainya pada kalimat tersebut salah. Kesalahan itu bisa dimungkinkan karena adanya bentuk dan sebagainya dan bentuk dan lain-lain yang biasanya digunakan untuk menambahkan sesuatu yang tidak disebutkan dengan tujuan agar pembaca dapat menafsirkan sendiri kata-kata selanjutnya.
Kalimat yang tepat untuk contoh di atas adalah untuk membuat kue diperlukan tepung, gula, telur, dan lain-lain.
Penggunaan kata dan lain-lain digunakan apabila sesuatu yang ditambahkan itu tidak sejenis dengan apa yang telah disebutkan sebelumnya. Sementara itu, bentuk dan sebagainya digunakan apabila hal yang ditambahkan bersifat sejenis dengan apa yang telah disebutkan sebelumnya. Pemakaian kedua bentuk tersebut sebagai berikut.
1. Untuk membuat kue diperlukan tepung, gula, telur, dan lain-lain.
2. Ibu membeli buah-buahan di pasar seperti apel, jeruk, pisang, dan sebagainya.
Pada kalimat (1) bentuk dan lain-lain digunakan untuk mewakili semua benda yang diperlukan untuk membuat kue selain tepung tepung, gula, dan telur. Pada kalimat (2) bentuk dan sebagainya digunakan untuk mewakili semua benda yang sejenis dengan buah-buahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar